Seragam Sekolah I Seragam Organisasi I Seragam Muhammadiyah/ortom I Grosir Sarung Pekalongan I Grosir Koko Baju Muslim I Grosir Daster Kaos Printing dan Tulis Istimewa, Murah Berkualitas
Batik Seragam Pekalongan Mengucapkan Selamat Idul Fitri 1Syawal 1435 H, Mohon Maaf Lahir Batin. Selamat Tahun Ajaran Baru dan Selamat Memilih Seragam Terbaik untuk Instansi Anda. Pesan Batik Sekarang 085659676149, Pin BB 21CA894E :-)

Sabtu, 09 Agustus 2014

Penting! Berikut yang Perlu Anda Ketahui Tentang Batik


BAtik adalah suatu bahan / kain yang dalam pembuatannya melewati beberapa proses.
Proses yang dilewati dalam pembuatan batik yaitu: Pembatikan berkali-kali sesuai dengan berapa jumlah warna dalam kain batik tersebut. Pada proses pembatikan menggunakan bahan bernama Malam (jawa, bahasa Indonesianya apa ya?:-)).
Pada batik printing proses pembatikan dan pewarnaan biasanya sekaligus dalam satu kali proses.
Nah, setelah pembatikan selesai, selanjutnya adalah pengeringan yaitu dengan dijemur. Setelah kering proses berikutnya adalah perebusan untuk memperkuat pelekatan warna. Setelah direbus terakhir adalah dijemur kembali samapi kering.
Nah... hasil akhir dari proses ini adalah kain batik yang kita lihat pada umumnya. proses ini meninggalkan zat sisa obat dalam kain batik, sehingga pada pencucian pertama (kadang sampai 3 kali) masih ada zat sisa obat yang ikut keluar bersama kotoran saat kita cuci. Zat sisa (residu) obat yang keluar saat pencucian pertama ini biasanya tidak menyebabkan perubahan warna, karena ini bukan merupakan proses pelunturan, tetapi hanya pembuangan zat sisa warna.
Jadi tidak perlu takut jika pada pencucian batik pertama kalii keluar warna tajam, karena ini hanya pembuangan residu obat batik aja, Insya Allah akan tetap bagus warnanya jika selanjutnya kita tetap merawat dengan baik..
untuk Tips merawat batik klik di sini. Demikian semoga bermanfaat :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar